Pentingnya membaca untuk para pekerja dan profesional

Setiap saat, pekerja dan profesional menghadapi kompetisi dalam dunia pekerjaan. Kompetisi datang dari berbagai arah, tidak memandang jenis pekerjaan apapun.

Untuk menghadapi persaingan, para pekerja perlu untuk selalu mengupdate ilmu dan pengetahuan. Membaca adalah salah satu skill utama untuk menghadapi persaingan.

Mereka yang tidak berkembang, akan tersisih. Yang bertahan adalah mereka yang selalu belajar.

Untuk para pekerja profesional, membaca adalah alat untuk meningkatkan kualitas hidup personal dan keprofesionalan.

Membaca membawa pengaruh besar pada pengembangan diri, semua yang dibutuhkan untuk masa depan dan karir yang lebih baik, sudah ada yang menuliskan dalam bentuk buku.

Buku merupakan kunci untuk membuka pintu kesuksesan karir, kesuksesan pribadi, kekayaan, kesehatan, pengetahuan dan sebagainya.

Mengembangkan kemampuan problem solving

Kemampuan memecahkan masalah adalah hal yang paling penting dalam pekerjaan. Yang membedakan antara pekerja yang sukses dengan yang biasa-biasa saja adalah kemampuannya memecahkan masalah.

Semakin tinggi posisi pekerja, akan semakin kompleks masalah yang harus diselesaikan.

Buku-buku tentang skill problem solving

  1. Thinking fast and slow – Daniel Kahneman, membahas cara pikiran bekerja untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah
  2. The Art of thinking clearly – Rolf Dobeli, membahas tentang bias pikiran yang mempengaruhi cara berpikir dan mengambil keputusan
  3. Smart Thinking – Art Markman, membahas teknik problem solving praktis dan hubungannya dengan kemampuan kognitif
  4. The McKinsey Mind – Ethan M. Rasiel, membahas tentang pendekatan terstruktur untuk masalah-masalah kompleks
  5. The Thinker’s Toolkit – Morgan D. Jones, ditulis oleh mantan analis CIA, membahas tentang strategi praktis untuk memecahkan masalah-masalah kompleks

Mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk memecahkan masalah. Berpikir kritis sangat penting untuk menganalisa, mengevaluasi, dan memahami informasi pada setiap permasalahan yang muncul.

Sebelum digunakan untuk mengambil keputusan, perlu pemikiran secara sistematis terstruktur untuk bertanya, menilai bukti, menilai argumen dan mengidentifikasi bias.

Buku-buku tentang skill berpikir kritis

  1. Critical Thinking: A Concise Guide – Tracy Bowell, menjelaskan dasar-dasar berpikir kritis, mengevalusi argumen dan mengenali kesalahan berpikir.
  2. The Demon-Haunted World – Carl Sagan, membahas tentang perlunya berpikir skeptis, kritis dalam kehidupan sehari-hari.
  3. A Rulebook for Arguments – Anthony Weston, membahas mengenai cara berargumen yang logis dan persuasif
  4. Think Again – Adam Grant, membahas mengenai pola pikir berpikir kritis
  5. On Thinking – Tom Chatfield, memberikan pengertian tentang proses mental untuk berpikir kritis

Manajemen waktu yang baik

Manajemen waktu dan produktifitas merupakan dua hal yang saling berhubungan erat dalam setiap pekerjaan. Manajemen waktu yang baik dalam menyelesaikan setiap tugas, merupakan salah satu bagian penting produktifitas

Penggunaan waktu yang efektif, dan efisien akan mengurangi waktu dan usaha yang terbuang, yang tidak hanya secara langsung meningkatkan produktifitas tapi juga perusahaan atau organisasi.

Buku-buku tentang manajemen waktu dan produktifitas

  1. Getting Things Done – David Allen, tentang bagaimana memperbaiki produktifitas
  2. Atomic Habits – James Clear, tentang membangun habit untuk memperbaiki produktifitas
  3. Eat That Frog! – Brian Tracy, tentang mengatasi kebiasan menunda pekerjaan, dan melakukan pekerjaan yang penting dan sulit.
  4. Deep Work – Cal Newport, membahas tentang fokus untuk mencapai produktifitas tinggi.
  5. The Pomodoro Technique – Francesco Cirillo, tentang manajemen waktu untuk produktifitas.

Mengembangkan skill komunikasi dan antar personal

Bekerja sama dalam sebuah tim, menangani konflik secara efektif, kemampuan negosiasi adalah sedikit contoh dari pentingnya kemampuan komunikasi dalam pekerjaan dan organisasi.

Pekerja dan profesional perlu untuk punya sensitifitas sosial di lingkungan pekerjaan. Kemampuan berempati, berinteraksi dengan orang lain secara lebih efektif, mengelola konflik, dan membangun hubungan yang positif dan produktif biasanya cenderung untuk dianggap tidak penting dan di abaikan.

Kenyataanya, skill-skill tersebut tidak hanya diperlukan untuk bisa meningkatkan keberhasilan individu, tetapi juga sangat penting untuk keberhasilan tim, dan organisasi secara keseluruhan.

Buku-buku tentang skill komunikasi dan skill interpersonal

  1. How to Win Friends and Influence People – Dale Carnegie, buku paling populer untuk mengembangkan skill komunikasi
  2. Nonviolent Communication – Marshall B. Rosenberg, membahas tentang komunikasi untuk manajemen konflik.
  3. The Art of Communicating – Thich Nhat Hanh, membahas tentang berkomunikasi secara emosi dan mental.
  4. Talk Like TED – Carmine Gallo, tentang berkomunikasi secara efektif, untuk presentasi dan berbicara pada publik.
  5. The Social Skills Guidebook – Chris MacLeod, tentang memperbaiki komunikasi antar personal, berkomunikasi dengan teman dan bersosialisasi.

Mengembangkan kreatifitas dan inovasi

Kreatifitas dan inovasi sangat di perlukan pekerja dan profesonal untuk memecahkan masalah, mengatasi tantangan, melihat peluang baru, dan menciptakan nilai yang lebih tinggi untuk individu dan organisasi.

Kreatifitas digunakan untuk mencari ide-ide baru, sedangkan inovasi mewujudkan ide-ide tersebut.

Ini diperlukan agar organisasi tetap berkembang dan kompetitif, memberikan pengalaman serta nilai yang berbeda untuk klien atau kustomer. Pekerja dan profesional yang menonjol di antara yang lain biasanya berkontribusi pada proses kreatif dan inovasi ini, tidak hanya sekedar diam dan melakukan pekerjaan sehari-hari saja.

Buku-buku tentang kreatifitas dan inovasi

  1. The Creative Habit – Twyla Tharp, tentang cara membuat kebiasaan kreatif.
  2. The Lean Startup – Eric Ries, tentang enterpreneur dan inovasi pada startup.
  3. Steal Like an Artis – Austin Kleon, tentang mencuri ide orang lain untuk berinovasi
  4. Creative Confidence – Tom Kelley David Kelley, tentang membangun kepercayaan diri untuk kreatif
  5. Lateral Thinking – Edward de Bono, membahas metode untuk berpikir kreatif dan berinovasi dalam menyelesaikan masalah dengan cara berpikir tidak biasa.

Selain di atas, masih banyak buku-buku lain yang sangat bagus untuk masing contoh. Itu hanya buku-buku favorit saya untuk masing-masing subjek. Sebagian besar buku-buku tersebut sudah di terjemahkan ke bahasa indonesia, dengan judul asli.

Tetap membaca buku, karena buku adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan.